Friday, October 19, 2012

AKREDITASI SDIT EL-HAQ

AKREDITASI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU EL-HAQ 

Akreditasi  dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu sekolah. Sesuai yang tercantum pada Undang-undang nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi, Pemerintah melakukan akreditasi untuk menilai kelayakan program dan/atau satuan pendidikan. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah telah menetapkan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dengan Peraturan Mendiknas Nomor 29 Tahun 2005. Seperti yang dijelaskan pada Badan Akreditasi Nasional Sekolah pada Websitenya http://www.ban-sm.or.id/ 

Tahun ini sekolah kami telah diakreditasi oleh DIKNAS. Persiapan yang dilakukan sungguh luar biasa. Kami mengakui sekolah kami memang memiliki kekurangan dalam administrasi. Sehingga lewat akreditasi ini semua belajar dan bekerja sama dalam melengkapi administrasi yang belum lengkap. Semua data dan fakta dihadirkan untuk memenuhi standart yang telah MENDIKNAS tentukan. Saat menunggu akan diakreditasi semua guru berharap cemas dan tegang. Itulah perasaan kebanyakan dewan guru, tapi disanalah letak keseruannya.*maklumlah ini adalah akreditasi pertama kami.
Saat hari itu tiba, perasaan berdebar kami semakin menjadi. Semua guru telah siap duduk di standarnya masing-masing untuk menunjukkan kelengkapan administrasi yang ada. Sesuai waktu yang telah ditentukan yaitu jam 08:00 WIB, petugas asesor terlambat sampai jam 10.00 WIB. Mungkin karena tempat sekolah kami tidak pada jalan besar yang mudah akses menuju ke sekolah. 
Maka Saat dewan guru tampil, menjawab dan menunjukkan semua hal yang akan dinilai oleh petuganya.  Saat itu kami benar-benar siap untuk hal itu dan rasa percaya diri kami benar-benar memuncak. Satu demi satu standart selesai dinilai dan diperhatikan oleh petugas akreditasi. Sekarang kami menunggu hasil akreditasi tersebut. 
Bagi kami hasil akreditasi bukanlah hal yang menentukan mutu sekolah kita secara keseluruhan. Akan tetapi akreditasi yang lebih penting adalah hasil dari pengamatan para wali murid akan sekolah kami. Dan hasil akreditasi ini mungkin adalah pelengkap dari hasil pengamatan wali murid. Jika hasil memuaskan, maka kami juga akan siap untuk menambahkan apa yang kurang dari standar dari Diknas

No comments:

Post a Comment

Penerimaan Peserta Didik Baru 2018/2019